Menyusun agenda yang produktif

First thing first! Salah satu cara yang selama ini menurut saya efektif adalah dengan menyusun agenda yang produktif. Yaaa… benar skala prioritas, pertanyaan berikutnya apa yang harus dilakukan untuk mengatur prioritas?

Mungkin sebagian dari kita masih mengalami ketika pagi hari di kantor melihat banyak hal yang harus dikerjakan tetapi bingung harus memulai dari mana.

Berikut adalah langkah-langkah  bagaimana menyusun agenda yang produktif agar lebih teratur.

  1. Susun Daftar Pekerjaan

    Susunlah semua daftar agenda pekerjaan anda sesuai dengan panjang jangka waktu agenda yang akan disusun.

  1. Berikan Skala Prioritas

    Semua list pekerjaan yang sudah disusun ini akan kita kelompokkan kedalam 4 kategori. Ukurannya adalah penting dan mendesak.

  • Beri nilai 1 pada pekerjaan yang penting dan mendesak
  • Nilai 2 di pekerjaan yang penting dan tidak mendesak
  • Beri nilai 3 untuk hal yang tidak penting dan mendesak
  • Nilai 4 pada hal yang tidak penting dan tidak mendesak
  1. Masukkan ke Agenda

    Selalu masukkan prioritas yang nomor 1  kedalam agenda kita, ingat utamakan semua hal yang penting dahulu, harus diakui akan ada kegiatan yang nomor 2  hal-hal yang mendesak seperti last munite proposal ke calon klien besar, rapat dengan atasan atau orang penting yang kadang harus terpaksa menggeser agenda yang sudah direncanakan.
    Hal ini tentu tidak terjadi setiap hari, jadi tetapkan prioritas nomor satu untuk yang masuk ke agenda adalah kegiatan yang penting dan belum mendesak. Bagaimana dengan kegiatan nomor 3  dan 4 ?Hapus semua kategori 4  hal yang tidak penting dan tidak mendesak.

  1. Evaluasi

    Evaluasi agenda secara berkala apa yang sudah dan apa yang belum dilakukan lalu perhatikan semua perubahan sebelum dan sesudah anda memiliki agenda. Tentu agenda ini merupakan turunan atau chungking dari target dan goal anda.

Ada banyak hal strategi bisnis dan inovasi lain yang akan kami bagikan dan telah dibuktikan oleh klien-klien kami yang telah melakukan coaching untuk menciptakan bisnis yang sistematis dan menguntungkan.

Artikel lainnya