Aplikasi CRM

Mari kita simak secara singkat lima aplikasi CRM berbasis open source yang dipilih berdasarkan kekayaan atau keunikan fitur yang tersedia.

Menciptakan dan memelihara hubungan baik dengan pelanggan adalah suatu tantangan. Hal ini penting untuk menjaga kelangsungan hidup dan pertumbuhan bisnis. Untuk menjaga hubungan yang telah terjalin, pemanfaatan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) adalah suatu keharusan.

Apa itu CRM?
CRM adalah aplikasi bisnis berbasis web yang digunakan untuk mengatur informasi tentang pelanggan serta kebutuhannya. CRM tidak hanya sekedar daftar kontak, melainkan berisi detail dan sejarah transaksi yang dilakukan oleh pelanggan, termasuk informasi tentang tempat dan status dalam proses penjualan.

Terdapat banyak aplikasi CRM yang dapat dihubungkan dengan sistem keuangan dan akuntansi untuk membantu organisasi melacak pendapatan dan biaya yang dikeluarkan. Aplikasi ini juga dapat memberikan analisis bisnis yang memungkinkan prediksi kebutuhan pelanggan di masa depan. Menggunakan CRM sumber terbuka hanya membutuhkan sebuah web server, database, dan browser saja.

Ada sedikitnya lima aplikasi CRM open source

yang membuat pengelolaan hubungan pelanggan menjadi lebih mudah.

  1. Sugar CRM

    Sugar CRM ini bisa dibilang aplikasi CRM open source yang paling terkenal dan paling populer. Aplikasi ini juga menjadi rujukan bagi beberapa CRM sejenis seperti Suite CRM dan Vtiger. Sugar CRM menyediakan hampir semua fungsi kebutuhan bisnis seperti data pelanggan, leads, manajemen kontrak, pelaporan dan analisis, layanan berbasis mobile, dan seperangkat alat pemasaran. Sugar CRM tersedia dalam dua versi yaitu versi host dan edisi komunitas. Versi host adalah versi berbayar, dan tersedia dalam tiga paket. Pengguna juga dapat mengunduh edisi komunitas dan menginstalnya pada server mereka sendiri. Edisi komunitas tidak memiliki sejumlah fitur dari versi host, tapi pasti berguna untuk UKM.

  1. Vtiger

    Vtiger adalah aplikasi CRM yang merujuk pada Sugar CRM namun bukan berarti kloningannya. Aplikasi ini memiliki semua fungsi inti yang ada di Sugar CRM tetapi tidak terdapat fitur kolaborasi atau integrasi dengan aplikasi lain. Sebagian besar orang yang sudah menggunakan Vtiger menyatakan bahwa aplikasi ini pilihan tepat untuk UKM. Seperti halnya edisi Komunitas Sugar CRM, Vtiger mempaket fitur-fitur dasar yang dibutuhkan untuk kebutuhan bisnis yang sifatnya extensible via add-ons. Pengguna dapat mendownload Vtiger dan menginstalnya pada server sendiri, atau menggunakan versi host dengan biaya $12 per pengguna per bulan, dan tersedia untuk test drive.

  1. Civi CRM

    Dua aspek Civi CRM yang membedakannya dari aplikasi CRM lainnya adalah aplikasi ini ditujukan untuk tujuan non-profit, dan dirancang untuk dikolaborasikan dengan aplikasi Drupal, Joomla, atau WordPress. Segala sesuatu tentang Civi CRM ini berfokus pada non-profit. Aplikasi ini tidak hanya dapat membantu melacak daftar kontak dan donatur, tetapi juga dapat membantu mendata kontribusi, melakukan penggalangan dana, dan merencanakan dan memantau kampanye. Tersedia versi demo dan seluruh tool dapat untuk didownload. Terdapat pihak ketiga yang juga menawarkan Civi CRM versi host.

  1. Fat Free CRM

    Seperti namanya, Fat Free CRM adalah aplikasi minimalis tapi fungsional. Pengembang menyatakan bahwa fitur kolaborasi kelompok, kampanye dan manajemen leads, daftar kontak, dan peluang pelacakan masih belum tersedia. Aplikasi ini memang tidak sebanding dengan Sugar CRM atau Vtiger, tapi sudah lebih dari cukup untuk UKM dan organisasi sejenis lainnya.Fat Free CRM bisa dikatakan memiliki antar muka yang paling menarik dan paling mudah digunakan dibandingkan CRM lainnya. Selain itu terdapat sejumlah plug-in yang yang tersedia untuk didownload. Fat Free CRM tidak menyediakan versi host, sehingga kita harus mendownload dan menginstalnya pada server sendiri jika ingin menggunakannya, namun jangan khawatir sebelum melakukan hal tersebut kita dapat mencoba demo aplikasinya secara online.

  1. Zurmo

    Apa yang terjadi ketika Anda menggabungkan CRM dengan gamification? Aplikasi Zurmo Tidak hanya mengemas fitur yang dibutuhkan organisasi seperti manajemen kontak, deal tracking, mobile capabilities, dan pelaporan, namun aplikasi ini juga memberikan penghargaan bagi orang yang menggunakan aplikasi ini.Pengembangnya merancang dan mendorong pengguna untuk mengeksplorasi Zurmo. Semakin luas eksplorasi dan penggunaan, semakin banyak penghargaan yang didapat pengguna berupa lencana dan koin untuk membeli hadiah. Zurmo menawarkan demo online yang sama baiknya dengan versi trial host. Kode sumber juga tersedia untuk didownload.

CRM adalah strategi tepat untuk menjaga akurasi database pelanggan, coba browse dan sesuaikan aplikasi CRM yang cocok dengan model bisnis Anda.

Untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Sumber : http://opensource.com/business/14/7/top-5-open-source-crm-tools

Artikel lainnya