Kebutuhan dan keinginan pelanggan

Apa yang pelanggan inginkan dan apa yang pelanggan butuhkan terkadang adalah 2 hal yang berbeda. Apa yang pelanggan inginkan dan butuhkan terkadang adalah 2 hal yang berbeda.  Tugas sales lah untuk menentukan antara kebutuhan dan keinginan pelanggan, pelanggan selalu benar walaupun pelanggan menginginkan hal yang salah untuk kebutuhannya. Ada 5 Hal Kebutuhan dan Keinginan Pelanggan Untuk Menjual yang akan kita bahas

Pertanyaan yang paling besar adalah apakah yang pelanggan anda butuhkan dan yang mereka inginkan. Bagaimana cara mengetahuinya?

Berikut beberapa alternatif untuk tahu kebutuhan dan keinginan pelanggan anda.

  1. Riset !

    Jika customer research sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda maka itu bisa memberikan pandangan yang luas dari kebutuhan pelanggan yang ada. Tinjau hasil riset dari sektor bisnis yang menjadi sasaran untuk mengidentifikasi trend dan perubahan pola pembelian.

  1. Customer Feedback

    Ini biasanya kami lakukan pada workshop atau seminar yang kami adakan, untuk mengetahui sebarapa jauh kebutuhan dan keinginan peserta mampu dipenuhi. Coba pikirkan cara yang bisa diterapkan di bisnis Anda, bagaimana caranya mendapatkan feedback. Mungkin dengan form polling di website, polling di sosial media atau undang ke komunitas klien untuk berbagi pengalaman dan memberikan saran untuk perbaikan.

  1. Sosial Media

    Ini bisa menjadi bentuk riset yang lebih sederhana, beberapa social media seperti twitter misalnya sudah menyediakan fitur polling, dan sistem #hashtags untuk mendata informasi apa saja yang dibutuhkan di sosial media.

  1. Collaboration

    Proses kolaborasi ini juga bisa berupa sayembara atau perlombaan kreasi dengan melibatkan produk Anda di dalamnya.

  1. Customer Relationship Management

    Seperti beberapa artikel sebelumnya, CRM juga memegang peranan yang penting dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Jadi pelanggan lama harus tetap diutamakan.

Artikel lainnya