Bahasa Tubuh

Yaaa…benar intonasi dan Bahasa tubuh berpengaruh lebih besar daripada kata – kata. Teknik Supaya Orang Akan Setuju Dengan Anda salah satunya adalah embedded command. Secara teori embedded commands melewati conscious mind dan tanpa hambatan masuk ke alam bawah sadar manusia.

Pada satu kesempatan, salah seorang klien saya bercanda seperti ini

“Coach, sering ketemu orang baru, bicara di seminar dan training, pernah kehabisan bahan ga coach? Bagaimana sih caranya supaya bisa berbicara di depan umum coach?”

Ditanya seperti itu saya diam sebentar dan senyum, saya sering mendapat pertanyaan macam ini. Bahkan orang-orang dekat saya sering mengatakan

“kalau saya sakit disuruh kasih training sebentaran palingan sehat lagi”.

Harus diakui menjadi pembicara bukan hal yang mudah, bahkan sebagian orang kesulitan sekali bisa bicara di depan umum. Ilmu komunikasi memang mutlak dibutuhkan oleh semua orang dalam keseharian, kita tidak akan pernah bisa untuk tidak berkomunikasi walaupun kita berusaha untuk “menutup mulut” untuk tidak berbicara tetapi bahasa tubuh, gerak mata akan memberikan semua jawaban layaknya adegan dalam film Negotiator.

Lalu…Bagaimana dalam karir dan bisnis? Mengutip sebuah quote dari

Rob Brown, ”If you can speak, you can influence. If you can influence, you can change lives.”

Bahkan pada tahap tertentu dalam karir professional ataupun bisnis seseorang harus mampu melakukan public speaking, berkomunikasi di depan banyak orang terkadang sangat challenging.

Mungkin sebagian dari teman-teman sudah membaca artikel tentang komunikasi tentang pengaruh kata – kata, intonasi dan bahasa tubuh.

Ketika saya memutar video klip Panji Pragiwaksono, saya mengatakan.

“Saya tidak tahu bagaimana menurut Anda, tetapi video yang barusan sangat menginspirasi untuk bergerak melakukan sesuatu untuk Indonesia Yang Lebih Baik,

Anda Setuju Kan?

Ada 3 hal yang sangat penting dalam embedded command :

Kalimat awal

Perintah yang disisipkan

Intonasi

Pastikan kalimat anda tidak mengundang penolakan bagi yang mendengar, gunakan sedikit gerakan tangan yang pada saat mengatan embedded command dan akhiri dengan intonasi kalimat yang turun.

Artikel lainnya