Sistem autopilot

Mau Bisnis Anda Sistem Autopilot? Coba Pikir Kembali!

Apakah anda sering mendengar istilah autopilot? Waah menarik ya…jika perusahaan bisa berjalan tanpa kehadiran pemilik. Semudah itu kah? Sayangnya tidak, bahkan pesawat yang autopilot pun tetap perlu pilot.

Apakah yang sesungguhnya dimaksud dengan autopilot?

Yaa…benar sistem autopilot adalah sebuah kondisi jika perusahaan kita sudah bisa dijalankan oleh sistem, sistem ini yang kemudian dijalankan oleh team dan tugas kita adalah memimpin team.

Jika dilihat lagi ada 3 komponen penting yang dalam yang perlu disiapkan sebelum kita berani menyebut perusahaan kita autopilot.

  • Sistem

  • Team

  • Leadership & Control

Sistem

Apa langkah pertama yang dilakukan untuk memiliki sebuah sistem? Perhatikan 4 area yang perlu dilakukan sistemasi, team, keuangan dan proses. Perhatikan semua hal yang sudah bersifat rutin kemudian design alur kerja, deskripsi pekerjaan dan manual. Nah ini kemudian yang disebut dengan SOP (Standard Operating Procedure).

Team

Apa yang dilakukan setelah sistemnya siap? Masih ingat tentang the right man in the right place? Memang sebuah sistem yang baik jika tidak didukung dengan orang – orang atau team yang baik hasilnya pasti tidak akan maksimal begitu juga sebaliknya.

Leadership & Control

Sistem yang baik team yang baik mutlak membutuhkan pemimpin dan pengawasan agar bisnis tetap berjalan pada track yang benar. Disinilah peran berikutnya setelah sistem dan team sudah terbentuk dengan baik, tinggal kemudian mencari “pilot” pengganti untuk mengendalikan pesawat bisnis kita sehingga bisnis tetap bisa berjalan dengan atau tanpa kita hadir disana.

Untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Artikel lainnya