Membina karyawan

Mendapatkan karyawan idaman memang memerlukan usaha yang extra. Sebelum berharap seorang karyawan dapat bekerja dengan baik perlu ada pelatihan   dan salah satu yang terpenting harus dijalaskan tujuan perusahaan, visi – misi dan budaya kerja perusahaan. Kami akan bahas cara membina karyawan baru untuk menjadi produktif di artikel ini

Masalah baru kemudian muncul, banyak pengusaha khususnya UKM berpikir ketika mendidik seorang karyawan yang kemudian mengetahui seluk – beluk bisnisnya dan karyawan itu resign dan kemudian menjadi kompetitor. Sebagian klien kami mengalami hal tersebut, apa yang harus kita lakukan?

Ketika itu saya hanya mengatakan pilihannya hanya dua kita mendidik karyawan dan kemudian dia keluar, atau kita tidak melakukan apa – apa dan berharap dia bisa bertumbuh. Perkara dia resign atau tidak itu urusan lain paling tidak kita sudah berhasil mendidik mereka menjadi bertumbuh

Apa saja hal yang perlu dilakukan untuk

Membina Karyawan Baru untuk Menjadi Produktif.

  1. Induction Training

    Pelatihan adalah hal yang mutlak diperlukan bagi agar kita dapat membina karyawan untuk dapat berkembang. Baru kemudian dijelaskan tentang Job Description, KPI & Ekspektasi perusahaan pada team yang baru direkrut serta alur kerja yang perlu dijelaskan.

  1. Softskill Training

    Umumnya ketika seseorang mulai bekerja ditempat baru pasti dibutuhkan penyesuaian. Cara bekerjasama dengan team, kepemimpinan, mind mapping, kemampuan komunikasi, NLP, DISC adalah menu training softskill yang umum diberikan.

  1. Hardskill Training

    Manajemen waktu, evaluasi kinerja, menyusun anggaran, menyusun rencana kerja dan hal kritikal lain perlu juga dilatih agar waktu penyesuaian lebih singkat.

  1. Tandem / Join Work

    Kerjasama antara junior dan senior adalah langkah berikutnya setelah semua hal yang diperlukan dilatih dan diberikan kepada team yang junior.
    Proses ini akan semakin efektif untuk membina team baru karena telah dilibatkan dalam proses kerja yang sesungguhnya.

  1. Coaching

    Coaching akan efektif bagi team yang sudah memiliki skill dan motivasi yang tinggi. Coaching adalah proses memprovokasi team untuk dapat mencapai performa puncak pada kinerjanya baik secara team atau secara individu.

    Artikel lainnya