Akurasi database

Akan ada beberapa hal yang mungkin terlewatkan oleh perusahaan karena yang selama ini berkomunikasi langsung dengan pelanggan adalah team sales. Bagaimana caranya agar pelanggan tetap loyal pada perusahaan tidak hanya dengan sales? Ya benar jawabannya adalah akurasi database, 

Salah satu cara adalah mendokumentasikannya dalam Customer Relation Managament.

Berikut rahasia menjaga akurasi database pelanggan antara lain :

  1. Jaga Kelengkapan Data

    Coba tanya pada diri kita sendiri seberapa detail kita memahami pelanggan kita? Percaya atau tidak data yang tidak lengkap menandakan kualitas data yang tidak bagus. Cara terbaik untuk menjaga kelengkapan data adalah *set as mandatory jadi ketika input data – data ini wajib diisi. Misalnya nama, alamat email nomor telepon dan alamat sehingga team sales memiliki informasi yang cukup untuk melakukan follow up.

  1. Hindari Data Ganda

    Sering terjadi kekeliruan dalam menginput data, data ganda akan membingungkan team yang akan mengolah data baik saat follow up penjualan maupun untuk menjaga hubungan saat menjaga hubungan dengan memberikan ucapan ulang tahun atau perayaan hari besar.Kita bisa menggunakan email atau no telepon sebagai filter agar terhindar dari data ganda pada database pelanggan, data yang ganda bisa di gabung atau istilah lain disebut dengan merge.

  1. Gunakan Hak Akses

    Jika aplikasi CRM (Customer Relation Management) anda diakses oleh beberapa orang kemungkinan terjadi perubahan – perubahan yang tanpa melalui persetujuan. Untuk itu perlu diatur hak akses siapa saja yang berhak melakukan perubahan dan penghapusan data.

  1. Kelompokkan Data

    Sistem data yang baik akan memberikan kemudahan dalam convert prospek menjadi klien, dan setelah menjadi klien dikelompokkan lagi dalam loyalty program.

  1. Customer Loyalty Program

    Program loyalitas pelanggan banyak dilakukan untuk menjaga pelanggan lama, ini terbukti efektif misalnya dalam penerbangan tanah air kita mengenal garuda frequent flyer, atau batik air dengan promo roll royce nya. Program apa yang sudah anda berikan kepada pelanggan?

Artikel lainnya