Data digital indonesia

Indonesia tidak diragukan lagi merupakan salah satu pasar yang paling menarik di Asia Tenggara. Dengan populasi lebih dari 250 juta terbesar ke empat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat tidak salah memang jika Indonesia merupakan target pasar yang seksi.

Jadi mari kita fokus pada bagaimana Indonesia yang bisnisnya mulai sangat berkaitan dengan web dan mobile apps. 2 hal ini yang belakangan boleh dikatakan “booming” di Indonesia. Menurut We Are Social Indonesia memiliki 88.100.000 pengguna internet aktif, naik 15 persen selama 1 tahun terakhir.

Dunia mobile meningkat sangat signifikan, kartu SIM yang beredar di Indonesia sekitar 326,3 juta bahkan melebihi jumlah penduduknya 🙂 Ini artinya rata – rata pemilik handphone memiliki 2 SIM cards, 85 persen populasi di Indonesia memiliki handphine dan 43 persen diantaranya adalah smartphone.

Sebagian besar Indonesia sekarang mengakses internet menggunakan perangkat mobile mereka, hampir 70 persen website sekarang ini diakses melalui mobile dan hanya sekitar 30 an persen. Pangsa perangkat mobile ini naik lebih dari 40 persen seiring dengan dengan penurunan pengguna laptop dan desktop.

BBM masih menjadi RAJA!

Cukup mengejutkan ternyata BBM merupakan social platforms yang masih paling banyak digunakan oleh orang Indonesia sekitar 19 persen diatas facebook dan whatsapp yang masing masing 15 dan 14 persen.

Untuk data data lainnya silahkan dilihat di slideshow berikut.

Artikel lainnya