menyusun goal, smart, progress, target, action plan

Sering kita gegabah dalam menyusun goal.Untuk itu kami akan bahas beberapa kesalahan yang umum terjadi dalam menyusun goal antara lain :

Kesalahan Pertama: Menyusun Goal Yang Tidak Realistis

Ketika menyusun visi, sangat baik jika membiarkan diri Anda berimajinasi dan memberi ruang pada hal yang menjadi ambisi Anda selama ini. Setelah memutuskan pada satu tujuan, pastikan bahwa tujuan itu realistis dan anda dapat mencapainya dalam jangka waktu yg telah ditetapkan.

Misalnya jika anda ingin lari maraton dengan jarak 42 km, dan anda hanya mempersiapkan diri dalam 2 minggu, itu sangat tidak realistis. Tetapi lain halnya jika anda mempersiapkan diri selama beberapa bulan sebelumnya. Untuk menetapkan tujuan yang realistis gunakan rumus SMART (Spesific, Measurable, Attainable, Relevan dan Time Bound

Kesalahan Kedua : Meremehkan Waktu

Seberapa sering pekerjaan atau target Anda melebihi waktu bahkan molor? Bandingkan dengan apa saja yg sudah terselesaikan dengan baik. Jika tdk mengatur waktu dengan akurat maka semua target tidak akan terselesaikan terutama pekerjaan yg menghabiskan banyak waktu. Maka gunakan action plan dan sistem penjadwalan dan pantau terus progress atau ada pekerjaan yang belum terselesaikan

Kesalahan Ketiga : Tidak Menghargai Kegagalan

Tidak peduli seberapa besar kerja keras Anda, pasti Anda pernah mengalami kegagalan dan saya pastikan kegagalan itu sangat tidak menyenangkan. Namun kegagalan Anda akan menentukan karakter Anda, dan  juga mengubah hidup Anda menjadi yang lebih baik. Jadi jangan terlalu kecewa jika Anda gagal untuk mencapai tujuan Anda. Catat dan ambil pelajaran apa yang Anda peroleh yang berguna untuk pencapaian tujuan berikutnya.

Kesalahan Keempat : Mengerjakan “Apa Yang Orang Lain Inginkan”

Orang di sekeliling Anda mungkin ingin mempengaruhi tujuan yang Anda tetapkan. Mereka mungkin merasa tahu apa yang terbaik untuk Anda, tetapi tujuan Anda adalah apa  Anda inginkan bukan apa yang orang lain mau.

Kesalahan Kelima : Tidak Mereview Progress

Dapat dipastikan mencapai sebuah tujuan pasti membutuhkan waktu kadang – kadang Anda merasa Anda tidak membuat banyak kemajuan. Siapkan sub-tujuan yang lebih kecil rayakan setiap keberhasilan yang Anda sudah capai. Anda juga bisa meng update tujuan berdasarkan hal yang sudah Anda kerjakan. Ingat goal juga mungkin saja berubah sejauh itu masih relevan dengan visi Anda.

Kesalahan Keenam : Menyusun Tujuan yang Negatif

Cara Anda memikirkan tujuan Anda akan mempengaruhi tujuan Anda. Sebagai Contoh “Dari pada goal menurunkan berat bedan coba ganti dengan berat badan ideal, Begitu juga dalam bisnis fokusnya ubah ke hal yang positif. Seperti meningkatkan omset, dan profit akan memberikan energi lebih positif dari pada mencegah kerugian,atau menghindari kebangkrutan. Tujuan yang negatif secara emosional tidak menarik reframe. Tetapi jika tujuan negatif anda dan tuangkan dengan kalimat positif Anda mungkin akan terkejut hasilnya akan sangat jauh berbeda.

Kesalahan Ketujuh : Terlalu Banyak Tujuan

Ketika mulai menyusun tujuan, Anda mungkin melihat banyak hal yang ingin dicapai. Maka Anda menetapkan banyak tujuan di semua bidang. Ini akan menjadi bermasalah jika Anda tidak mampu menyiapkan waktu dan energi yang cukup untuk fokus pada semuanya. Ingat, keberhasilan pekerjaan Anda terletak pada fokus pada hal yang sedang Anda kerjakan. Anda akan memiliki waktu dan energi yang maksimal untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat.

Artikel lainnya