Mencari pelanggan

Mencari Pelanggan Baru atau Mempertahankan Pelanggan Lama? Pelanggan tentu merupakan satu hal terpenting dalam bisnis, karena dengan adanya pelangganlah bisnis kita bisa bertahan dan berkembang.

Mengapa perusahaan banyak kehilangan dan ditinggalkan pelanggan lama mereka?
Berikut beberapa hal yang sering tidak sengaja terabaikan oleh perusahaan yang bisa menyebabkan kehilangan pelanggan. Feedback atau masukan dari pelanggan merupakan hal yang wajib untuk diperhatikan, terkadang kepercayaan berlebih terhadap produk dan jasa anda bisa menjadi bumerang untuk bisnis anda sendiri.

Masih ingat kapan anda terakhir kali anda bertanya tentang kepuasan pelanggan anda? Sudahkah pernah diukur?

Produk yang anda jual masa atau trendnya sudah abis, keluhan atau komplain semakin hari semakin banyak, dan anda tidak terpikir untuk menyusun strategi untuk mempertahankan pelanggan lama anda. Mengandalkan keberuntungan tanpa ada usaha akan mengakibatkan usaha anda lebih sulit untuk tumbuh. Dibandingkan jika anda lebih peka terhadap kondisi pasar dan melakukan inovasi.

Ingat ! Pasar semakin kompetitif, saingan anda bisa saja bergerak lebih cepat dibandingkan anda atau bahkan merebut hati pelanggan anda.

Bagaimana cara mempertahankan pelanggan?? Cukup sederhana….

Perhatikan dan ukur tingkat kepuasan pelanggan anda lalu berikan pelayanan LEBIH dari yang mereka harapkan, tetapi kenyataannya memang tidak semudah itu. Hampir semua perusahaan setuju mempertahankan pelanggan jauh lebih murah dibandingkan, mencari pelanggan baru. Bahkan bisa mencapai 1 : 5, apa saja strategi yang sudah kita lakukan?

Mungkin berikut cara yang bisa membantu untuk meningkatkan loyalitas dan tentuanya “repeat purchase” dari pelanggan lama.

Inilah strategi untuk mencari pelanggan :

  1. Digitialisasi Data Pelanggan Anda

    Berapa banyak pelanggan yang Anda miliki? Iya tidak mungkin mengingat setiap detailnya satu per satu. Jika pelanggan anda banyak, bisa manfaatkan software CRM (Customer Relation Management) untuk mencatat detail pelanggan, mulai dari ulang tahun, mulai berlangganan dan hal penting (critical non essential) lainnya.

  1. Maksimalkan Sosial Media

    Sosial media tidak hanya bagus untuk promosi, sosmed juga sangat efektif untuk menyapa pelanggan. Pastikan kita selalu dalam lingkaran pergaulan pelanggan kita sehingga ketika pelanggan membutuhkan produk akan selalu ingat kita bukan ke kompetitor.

  1. Tawarkan Diskon atau Insentif untuk Repeat Purchase

    Pelanggan manapun akan senang diberikan penghargaan, sekecil apapun bentuknya. Temukan hal “extra” apa yang kita bisa berikan ke pelanggan kita sebagai pengharghaan.

  1. Sapa pelanggan dengan menyebut nama

    Hal kecil yang dapat memberi pengaruh besar adalah menyapa nama pelanggan. Coba perlakukan ini pada pelanggan Anda dan perhatikan perubahan yang Anda peroleh. Tentu saja tidak cukup dengan menyapa nama tentu pelayanan tetap harus konsisten.

  1. Tugaskan Team untuk Memantau Loyalitas Pelanggan

    Team ini yang bertugas memantau issue tentang loyalitas pelanggan, keluhan dan hal lain yang berpotensi pelanggan berpindah ke pesaing kita.

Artikel lainnya