acquisition cost, zero budget, menyusun strategi marketing, owner, usp

Sudahkah Anda Menyiapkan Strategi Marketing??Jika Anda Tidak menyiapkan Strategi, maka Anda tidak Bisa Tumbuh dengan Cepat.

Postingan untuk umur usaha yang masih 5 tahun kebawah

Saat memulai bisnis tidak sedikit dari kita memulai usaha bukan datang dari lingkungan keluarga pengusaha,  melainkan sebagian besar bagi yang baru memulai usaha mungkin dari lingkungan keluarga profesional atau karyawan. Sehingga ketika mulai membangun usaha yang ada di pikirian kita adalah jualan dan jualan tanpa adanya strategi.

Padahal yang wajib diperhatikan adalah pemasaran atau marketing bukan penjualan, namun walaupun sudah mengerti pemasaran banyak dari kita belum mampu menyusun suatu anggaran. Dan banyak pula yang belum mampu membuat retention, bagaimana mendatangkan pelanggan baru, bahasa iklannya seperti apa , dsb.

Maka kecenderungannya jika seorang owner melakukan penjualan pasti kebanyakan pelanggan meminta diskon, dan  owner biasanya pasti memberikan. Jadi mulai sekarang usahakan owner berhenti berjualan dan mulailah membuat sistem pemasaran agar bisnis berjalan lebih baik lagi.

Jika berbicara pemasaran berarti kita bicara tentang memperkenalkan atau mengkomunikasikan produk atau jasa kita ke “pasar”. Berapa jumlah orang yg mengenal produk atau jasa kita menunjukkan besar kecilnya orang yang akan menggunakan atau membeli produk atau jasa kita.Saatnya tentukan media yang cocok dan yang sesuai dengan ukuran bisnis dan target pasar kita.

Selain mengenalkan, kita juga perlu mengedukasi pasar. Tidak hanya dengan mengandalkan harga murah, tetapi kita juga perlu mengedepankan hal lain yang kita miliki. Seperti Keunikan atau kualitas apa yang ingin ditonjolkan, atau mungkin tentang kecepatan pelayanan.

Untuk bisnis yang baru dimulai tentu harus memperhitungkan anggaran dengan matang. Anggaran yang digunakan untuk memasarkan produk dan jasa yang biasa disebut dengan acquisition cost. Sangat banyak strategi-strategi pemasaran yang sangat murah bahkan bisa jadi zero budget. Seperti sms blast, email blast, Blackberry Broadcast, ineternet marketing, SEO, Referal, dan lain sebagainya.

7 tahapan yang harus diperhatikan dalam menyusun strategi marketing antara lain :

  1. Membangun Kampanye Marketing

  2. Menghitung Biaya Akuisisi

  3. Kelebihan Produk

  4. Iklan yang Efektif

  5. Menjaring Pelanggan Baru

  6. Mempertahankan Pelanggan Lama dan

  7. Evaluasi berkala

Strategi Pemasaran terbaik menurut kami pada akhirnya adalah kualitas dari barang atau jasa itu sendiri, kemudian adalah konsistensi bagaimana anda memberikan pelayanan atas produk atau jasa itu ke pelanggan, lalu rumuskan keunikan atau USP (unique selling proposition) produk dan jasa yang Anda jual, Kemudian tentukan sasaran pasar yang tepat untuk produk Anda.

Harga bukan bagian utama dalam memenangkan persaingan, karena besaran omset tdk selalu sejalan dgn profit yang Anda harapkan. Tidak hanya dalam penjualan, tetapi siapkan juga strategi menjaga team Anda untuk tetap bertumbuh.

Semoga Bermanfaat,

Untuk Indonesia yang Lebih Baik…

Artikel lainnya