Strategi bisnis

Strategi bisnis apakah yang terbaik untuk mendapatkan calon pembeli?

Pertanyaan ini  pasti akan mendapatkan jawaban yang beragam. Sosial media bisa menjadi salah satu strategi yang sedang ramai dibicarakan.

Namun tidak bisa hanya mengandalkan sosial media tetap harus didukung oleh strategi lain baik offline maupun online untuk hasil yang lebih produktif.

Berikut adalah sebagian strategi bisnis

yang sudah kami test dan ukur keberhasilannya yang mungkin bisa membantu Anda untuk mendatangkan lebih banyak prospek.

  1. Customer Referrals

    Tidak ada yang lebih menyenangkan selain mendapatkan referal dari pelanggan yang terpuaskan. Pelanggan kita yang sudah ada akan lebih paham dengan apa yang kita tawarkan dan mungkin memiliki ide yang lebih baik kemana kita seharusya menjual jasa atau produk kita. Conversion rate prospek yang berasal dari customer referrals di industri kami bisa lebih dari 50% bahkan hingga 70%. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mendapatkan referal? Selain memberikan pelayanan terbaik bisa dicoba dengan membangun kedekatan yang lebih sering, memberikan ucapan selamat ulang tahun, acara pernikahan, ucapan bela sungkawa atau dengan memberikan referal terlebih dahulu ke pelanggan kita. Ingat prinsipnya secara sederhana adalah memberi dahulu baru kemudian meminta

  1. Optimasi Internet Marketing

    Ini menjadi strategi yang cukup efektif karena jika seseorang memerlukan jasa atau produk tertentu selain bertanya ke teman hal kedua yang dilakukan adalah Googling. Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM) dan Pay per Click bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan calon pelanggan. Berapa jumlah kunjungan ke website kita setiap bulan, berapa data yang diperoleh, berapa data yang bisa menjadi pelanggan. Selalu test dan ukur strategi internet marketing yang kita lakukan, jika tidak uang yang dihabiskan untuk Google Ads, Facbook Ads tidak akan menghasilkan penjualan. Kecuali tujuannya untuk branding dan memang disiapkan investasi dana yang besar.

  1. Siapkan Konten Yang Berguna

    Konten juga akan sangat membantu mengedukasi calon pelanggan kita, bisa jadi berupa artikel, ebook, infographic, slide ataupun bentuk informasi lain. Konten ini juga merupakan salah satu strategi terbaik untuk membantu Search Engine Optimization (SEO).

  1. Berbicara di Pameran, Konferensi atau Gathering

    Ketika berbicara disebuah event ada banyak hal yang kita lakukan, kita akan diperhatikan paling tidak oleh peserta event. Dan hal penting yang harus diingat catat semua data peserta yang hadir termasuk sponsor dan lain-lain supaya bisa di follow up atau dikirimkan email marketing produk atau jasa kita.

  1. Maksimalkan sosial media

    Ada banyak hal yang harus diperhatian ketika melakukan marketing di sosial media baik Facebook, Twitter Instagram atau yang lainnya.

Tentukan karakter perusahaan Anda (ramah, professional, lucu, pintar dll).
Tentukan strategi comment perusahan Anda (apa yang boleh dan tidak boleh dikatakan).
Strategi penyusunan konten (hari besar, hari libur, event menarik, artikel tips dll).
Siapkan SDM untuk memantau dan merespon sosial media perusahaan.
Siapkan rencana penanganan negatif reviews.

Sosial media kita perlu “berteman” dengan kesamaan “gelombang emosi” akan memacu orang untuk mengabarkan, menyebarkan, mamakai, berbagi dan “membeli brand” kita.

  1. Lengkapi Kontak Informasi dan Live Chat

    Pastikan live chat dan kontak informasi cukup jelas dan interaktif karena calon pelanggan di internet sangat tidak sabar dan perlu direspon dengan cepat. Demikian beberapa tips untuk mendatangkan lebih banyak prospek semoga bermanfaat untuk bisnis anda.

Untuk Indonesia yang Lebih Baik.

Artikel lainnya