Investasi Pameran

Apa yang harus dilakukan agar investasi pameran bisa memberikan hasil yang maksimal?

Berikut 5 tips agar investasi pameran menghasilkan penjualan :

  1. Hindari Softselling

    Pengunjung pameran umumnya memang datang untuk siap membeli, pastikan tidak melakukan softselling. Jangan biarkan orang menunggu, rentang waktu perhatian pameran dagang adalah singkat, dan orang akan meninggalkan gerai Anda jika mereka tidak dilayani dalam 60 detik atau kurang.

  1. Latih Team Sales Pameran

    Selain tampilan booth yang catchy, team yang menjaga pameran harus dilatih bagaimana cara menyapa pengunjung pameran. Hindari sapaan “merusak” seperti : “Ada yang bisa saya bantu?”, “Halo apa kabar?” atau “Bagaimana pamerannya?” Coba ajukan sapa dengan hal yang berkaitan langsung dengan produk kita. “Silahkan Bapak/Ibu ini design produk terbaik yang kami miliki” “Halo, Silahkan dicoba tester kami Bapak/Ibu!”

  1. Siapkan Marketing Tools

    Kartu nama, company profile, brosur, katalog, tester, demo product atau marketing tools yang lain harus lengkap saat kita membuka stand di pameran dagang. Ingat investasi pameran mahal, harus dimanfaatkan dengan maksimal.

  1. Jaga Tatakrama

    Perilaku team sales di pameran akan sangat mempengaruhi kesan pengunjung atas booth kita. Jangan duduk, makan, minum atau bahkan merokok di dalam pameran. Pusatkan perhatian pada calon pelanggan dan jangan meninggalkan booth tanpa penjagaan.

  1. Siapkan Gimmick dan Kumpulkan Data

    Pastikan setelah mengikuti pameran kita mendapatkan banyak data prospect. Konsentrasi dalam pameran selain hardselling adalah mendapatkan prospect yang bisa difollow-up kemudian. Sediakan gimmick mungkin berupa tas, gantungan kunci, voucher atau hal lain yang mampu mengundang pengunjung untuk datang dan tentunya kita harus mendapatkan data pengunjung tersebut. Catat semua data, semakin lengkap data yang tersimpan, akan semakin baik.

Lebih 130 ribu orang berkunjung ke Java Jazz tahun 2015, 300 ribu orang datang ke Indonesa International Motor Show (IIMS) dan yang lebih fantastis ada 5,1 Juta orang datang ke Jakarta Fair Kemayoran. Benar menyewa stand di pameran sangat mahal, bahkan bisa puluhan hingga ratusan juta selama pameran.

Ingat ! Pameran tidak hanya tempat branding, pastikan investasi selama pameran akan menghasilkan penjualan kemudian. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat atau bahkan bisa melakukan full barter dengan organizer pameran.

Artikel lainnya