average sales, impact, cross sell, produk, team, promotion

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas beberapa tips tentang bagaimana menjaga loyalitas pelanggan dan sekarang kita akan menambah beberapa strategi lagi yang berkaitan dengan meningkatkan average sales dari pelanggan kita.

Ya….benar, seperti yang anda pikirkan pelanggan yang banyak sangat bagus dan akan lebih menarik lagi jika pelanggan yang ada rata-rata pembelanjaannya juga besar.

Beberapa teknik ini mungkin tidak ada yang terlalu luar biasa, tetapi jika ini kita lakukan dan kemudian bandingkan setelah kita bandingkan hasilnya maka hal sederhana ini bisa jadi memberi impact yang luar biasa.

Beriku adalah cara meningkatkan average sales :

  1. Up-Sell and Cross Sell

    Hal ini akan sangat mudah diperhatikan jika kita pernah membeli barang elektronik, misalkan saja laptop. Seorang sales yang baik akan melakukan upsale misalnya dengan menawarkan laptop dengan fitur yang lebih canggih, hardware yang lebih kokoh, design yang lebih bagus, merk yang lebih terkenal. Untuk apa? Iya…tentu saja barang yang lebih bagus, lebih canggih diikuti dengan harga yang LEBIH MAHAL dan jika itu berhasil average sales-nya pasti meningkat. Tidak cukup sampai disitu, kita ditawarkan flashdisk, mouse portable, antivirus, pointer dan kabar baiknya margin keuntungan aksesories bisa saja melebih laptop itu sendiri. Sudahkah strategi Up-Sell dan Cross Sell anda lakukan?

  1. Paket Produk

    Ini bisa menjadi solusi yang saling memberi manfaat antara penjual yang mendapatkan omset lebih besar (tentunya) dengan pembeli yang pasti mendapat harga spesial. Pernahkah Anda menyadari produk deterjen mengeluarkan kemasan ekonomis ukurannya besar, tujuannya sama agar rata rata pembelanjaan lebih besar dan kemungkinan pelanggan beralih ke produk pesaing lebih kecil.

  1. Meningkatkan Harga

    Ini adalah hal yang cukup jarang dilakukan, tetapi justru sangat efektif di produk yang umumnya di high-end. Mobil mewah semakin mahal semakin laris, perhiasan, tas, sepatu mewah brand tertentu semakin mahal semakin laris. Ingat! Harga bukan hanya satu-satunya alasan pelanggan untuk membeli, MAHAL = BAGUS ini masih tetap dianut cukup banyak orang di Indonesia.Meningkatkan harga 5 atau 10% kadang tidak terlalu dipedulikan pelanggan tetapi perhatikan impactnya pada omset dan keuntungan Anda.

  1. Tingkatkan Kelas

    Jika cukup yakin dengan kualitas produk yang kita miliki jauh lebih dari kompetitor, coba tingkatkan segmen pasar kita. Buat kemasan yang lebih bagus, pelayanan yang lebih baik. Ingat orang membeli pelayanan bukan hanya sekedar produk. Mulai ciptakan experience tidak hanya sekedar produk atau jasa yang biasa.

  1. Point of Sale Promotion

    Tawarkan produk tambahan yang memiliki margin tinggi. Coba perhatikan di kasir Indomaret atau Alfamart banyak permen, atau produk-produk yang sedang promo. Benar! Tujuannya untuk meningkatkan average sales. Apa strategi ini bisa kita adopsi?

  1. Train Your Team

    Latih team penjual anda! Buat semacam games per minggu dengan reward tertentu untuk memacu penjualan. Terkadang reward tidak harus hal yang mahal. Ingat!

    “Semua orang perlu penghargaan dan dihargai  sekecil apapun itu”.

    Artikel lainnya